Updatenetizen – Kayu manis yang biasanya kerap dipakai untuk bumbu makanan, kue atau bahkan minuman ternyata memiliki manfaat yang tak terduga untuk kesehatan.

Seperti yang dikutip dari Times of India, jurnal internasional Lipid in Health and Disease menyebutkan bahwa mengonsumsi sekitar 3 gram bubuk kayu manis setiap hari bisa mengurangi obesitas dan mengatasi gangguan metabolisme tubuh.

Penelitian ini dilakukan oleh Fortis Diabetes Obesity and Cholesterol Foundation di New Delhi, Institute of Home Economics (Universitas Delhi), dan Fortis CDOC Hospital for Diabetes and Allied Sciences yang melibatkan 116 pria dan wanita yang memiliki kondisi obesitas, gangguan toleransi glukosa, trigliserida tinggi dan hipertensi.

Setelah mengkonsumsi 3 gram bubuk kayu manis per hari selama 16 minggu, berat badan dapat berkurang dari 89 kilogram menjadi 85 kilogram, sementara yang tidak mengonsumsi kayu manis berkurang dari 82 kilogram menjadi 81 kilogram.

“Melihat hasil studi ilmiah kami yang kuat, sekarang saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa kayu manis harus disertakan dalam makanan oleh semua orang India dewasa. Terutama mereka yang memiliki beberapa faktor risiko metabolik atau diabetes,” kata ketua rumah sakit Fortis CDOC Dr Anoop Misra, yang dikutip dari Times of India, Senin (3/7/2017).

Konsumsi kayu manis ini harus diimbangi dengan olahraga. Peneliti mengatakan mengkonsumsi kayu manis bersama dengan perubahan pola makan dan latihan fisik dapat menurunkan glukosa darah, hemoglobin glikosilasi, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh.

“Hasil yang menjanjikan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa makanan fungsional sederhana dapat memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kayu manis adalah bumbu yang umum digunakan dalam masakan India dan karenanya dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari kita, yang akan menyeimbangkan metabolisme dengan lebih baik,” kata Dr. Seema Puri, Asosiasi Profesor di Institute of Home Economics, Universitas Delhi.

Advertisements