Harga Rp59.900.000
Bodi 42,8 x 33,4 x 5,3 cm, 4,4 kg
Prosesor Intel Core i7-6820HK
GPU NVIDIA GeForce GTX 1070
RAM 64 GB
Storage 1TB SSD + 1TB HDD
Layar LED 17,3 inci (3.840 x 2.160 piksel)
Baterai 90 Whrs
Sistem Operasi Microsoft Windows 10

 

 

 

 

 

 

 

Updatenetizen – Bukan lagi rahasia umum jika lini ROG merupakan salah satu lini gaming notebook pilihan para gamers. Jejak langkah divisi Asus ROG ini juga telah diikuti oleh kompetitor yang turut melahirkan divisi notebook gaming. Kali ini Asus melahirkan sebuah monster gaming notebook yang harganya sangatlah fantastis, yaitu Asus ROG G752VS.

Kelebihan

Desain Garang. Desain sporty dan keren dengan bahan metal berwarna silver tentunya menambah keyakinan bahwa notebook ini adalah notebook premium. Belum lagi desain pendinginnya yang terlihat keren seperti knalpot mobil sport. Sistem pendinginan ini disebut 3D Vapor Chamber dan menggunakan cairan pendingin khusus.

Performa Memukau. Membahas soal performa, dimulai dari proses booting-nya yang hanya memakan waktu kurang lebih 13 detik dari posisi off sudah terlihat bahwa notebook gaming ini menggunakan SSD sebagai processing drive-nya. Tak tanggung-tanggung, SSD yang dimilikinya memiliki kapasitas 1 TB. Belum lagi tersedia storage penyimpanan data tambahan sebesar 1 TB, sehingga totalnya 2 TB.

Saat memainkan game yang cukup berat seperti the Witcher III di resolusi 4K, frame rate yang didapatkan mencapai 33 fps, sedangkan saat dijalankan pada resolusi Full HD, frame rate yang dihasilkan rata di 60 fps. Hal ini tentunya berkat dukungan NVIDIA GeForce GTX1070 GDDR5 8GB terbaru.

Layar 4K VR. Kenikmatan bermain yang ditawarkan ASUS ROG G752VS ini pun semakin bertambah berkat layar lega 17,3 inci dengan resolusi 4K (3.840 x 2.160 piksel) 60Hz yang memanjakan mata. Layar notebook ini juga telah mendukung fitur G-Sync dari NVIDIA dan pastinya sudah mendukung teknologi virtual reality.

3D Vapor Chamber. Proses overclock tentunya membuat Anda khawatir akan panas yang dikeluarkannya. Berkat teknologi 3D Vapor Chamber, suhu yang dihasilkan dapat dikurangi antara 6-7 derajat Celcius dan pastinya suara kipasnya tidak terlalu berisik. Selain itu, masing-masing CPU dan GPU memiliki kipas pendingin masing-masing.

Fitur Overclock. Dengan prosesor versi overclock yang dibawanya, Core i7-6820HK, Anda dapat dengan mudah melakukan overclock melalui software ROG Gaming Center yang dibawanya. Ada tiga mode pilihan, yaitu standard, extreme, dan manual. Prosesor kecepatan 2,7 GHz ini dapat Anda naikkan hingga 4 GHz.

Keyboard Canggih. Keyboard yang dimiliki ASUS ROG G752VS menggunakan teknologi 30 key-rollover dimana Anda dapat menekan 30 tombol secara bersamaan tanpa adanya ghosting. Tentunya hal ini berguna ketika Anda melakukan program tombol macro yang telah tersedia secara built-in pada sisi bagian atas keyboard. Selain itu, backlight warna merah menghiasi keyboard gaming ini yang dapat diatur dengan tiga tingkat kecerahan.

Tombol makro menjadi salah satu tombol penting bagi seorang gamer. Kebanyakan gaming laptop tidak memperdulikan fitur yang satu ini. Ada lima tombol makro yang dapat diatur fungsinya melalui ASUS ROG Gaming Center. Selain itu, ada satu tombol unik terletak paling kiri, yaitu tombol untuk mengaktifkan aplikasi Xsplit Gamecaster yang biasa digunakan untuk merekam video maupun live streaming melalui YouTube.

Audio Prima. Speaker notebook ini terletak pada tiga bagian, dua di bagian belakang layar dekat dengan engsel dan satu pada bagian bawah. Berkat teknologi Sonic Studio, suara yang terdengar cukup baik dan teknologi ini juga berguna untuk mengurangi noise saat perekaman atau pun streaming. Jika Anda hobi bermain game FPS, teknologi Sonic Radar membuat efek langkah kaki, tembakan, atau pun bom bisa dideteksi dengan lebih mudah dan akurat.

Mudah Dibongkar. Kebanyakan notebook saat ini telah menggunakan sistem unibody. Pada bagian bawah ASUS ROG G752VS terdapat sebuah karet yang dapat Anda angkat dan di dalamnya terdapat sebuah baut. Cukup dengan membukan satu baut saja, Anda dapat mengakses ke ruang tempat RAM dan storage. Di dalam notebook yang kami review kali ini, terdapat dua RAM masing-masing 32 GB, sebuah HDD dengan kapasitas 1 TB, dan 2 buah PCI Express SSD masing-masing 512 GB.

Kekurangan

Harga Relatif Tinggi. Harga yang ditawarkan oleh G752VS ini hampir mencapai Rp60 juta. Memang, untuk ukuran notebook, angka tersebut sangatlah mahal. Bahkan dengan harga setengahnya, Anda juga mendapatkan sebuah notebook gaming yang sudah mumpuni melahap game yang ada saat ini.

Tidak Portabel. Notebook 17 inci pastinya memiliki tingkat portabilitas yang rendah. Meskipun desainnya sporty dan pendingin di belakangnya cukup garang, kenyataannya hal ini semakin mengurangi tingkat portabilitasnya. Dapat dipastikan bahwa G752VS tidak nyaman dibawa-bawa. Karena selain unitnya yang mencapai 4,5 kg, charger jumbonya yang hampir sebesar batu bata ini juga mencapai 1 kg.

Baterai Cepat Habis. Tentunya dengan spesifikasi yang powerful ini, daya baterai menjadi hal yang cukup penting. Anda tetap harus membawa kemana-mana charger jumbo-nya agar tidak kekurangan daya. Dengan penggunaan normal untuk mengetik sambil mendengarkan musik, baterai berkurang dari 100 persen ke 82 persen dalam waktu 15 menit. Dalam tes battery eater, baterainya hanya bertahan dalam waktu 50 menit saja.

Palm Rest Tajam. Anda sebaiknya menggunakan ASUS ROG G752VS dalam posisi yang pas, karena bagian sisi bawahnya terbilang agak tajam. Ketika kami menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, bagian sisi tangan yang bersentuhan dengan palm rest meninggalkan jejak garis. Selain itu, bahannya yang seperti karet ini tampaknya perlu perhatian khusus karena kotoran dan debu mudah menempel pada permukaannya.

Kesimpulan

Performa yang dihasilkan oleh notebook ini sangatlah luar biasa dan cocok untuk menjadi pengganti desktop PC gaming di rumah. Pun begitu dengan harganya yang luar biasa (Rp60 juta). Bagi yang terbentur bujet, Anda memiliki banyak alternatif, ASUS G752VW (GTX960M) ataupun G752VL (GTX965M) dengan harga di bawah Rp20 juta.

Advertisements