Di mana ada manusia, pasti di situ ada sampah

Updatenetizen – Pernah nggak sih Kamu merasa penasaran atau kepo soal sampah-sampah yang dibuang di sungai atau di laut? Kemana ya kira-kira sampah-sampah ini pergi?

Ternyata, beberapa bagian kecil di antaranya “mampir” ke Pulau Henderson. Sebuah pulau kosong yang nggak berpenghuni ini justru dihuni jutaan sampah plastik. Begini penampakannya.

Menyedihkan! Yang lebih mengagetkan, ternyata pulau ini ada di tengah Selatan Pasifik yang letaknya 3.000 mil dari Australia, Selandia Baru dan Amerika Selatan. Cukup jauh kan dari kehidupan manusia?

Kamu tahu nggak sih, kalau ternyata di Pulau Henderson ini terdapat paling nggak 37,7 juta sampah plastik?

Pulau ini memang bukan tempat wisata atau destinasi yang dituju orang untuk berlibur. Jadi seharusnya pulau ini bersih karena nggak ada aktifitas manusia di sana. Tapi kenyataannya malah sebaliknya, jutaan sampah tiap harinya mampir ke sini.

Tahun 2015 lalu, Jennifer Lavers melakukan penelitian ke pulau kecil ini dan merasa kaget dengan apa yang ditemukannya. Jutaan sampah plastik begitu cantik menghiasi bibir pantai. Kamu mungkin udah nggak heran, karena udah terbiasa lihat atau malah buang sampah sembarangan sewaktu jalan-jalan ke pantai. Duh, coba deh gais, mulai sekarang hilangkah kebiasaan buruk ini.

Sampah-sampah plastik yang mampir di Pulau Henderson ini sih sudah pasti sumbangan dari kita semua. Terutama yang hobi banget buang sampah sembarangan. Seperti di sungai, saluran air, pantai atau bahkan di laut. Nah, Pulau Henderson ini jadi bukti kalau peresebaran sampah di lautan itu sangat cepat dan mengerikan.

Kamu buang sampah di Indonesia, bisa jadi sampahmu ikut nyangkut juga di Pulau Henderson. Nah loh!

Dan faktanya nih gais, sampah-sampah plastik juga sudah jadi hal yang lumrah di kawasan pantai Indonesia terutama yang dijadikan destinasi wisata

Pernah nggak waktu Kamu jalan-jalan ke pantai, lagi asyik main air tiba-tiba ada sampah plastik nyangkut di kaki. Pasti pernah kan? Nah, ternyata nggak perlu jauh-jauh ke Pulau Henderson. Karena faktanya di Indonesia aja nih banyak banget destinasi wisata pantai yang kotor gara-gara si sampah plastik.

Kayak salah satu pantai di kawasan Minahasa ini misalnya, meski belum sebanyak di pulau Henderson tapi sampah plastik udah mulai jadi pemandangan yang biasa di sini.

Atau juga sampah di salah satu kawasan Bali ini. Meski banyak yang bilang pantai di bali sangat cantik, tapi sampah juga masih ada di sana sini.

Dan pemandangan sampah plastik di kawasan pantai kayak gin nggak susah kok Kamu temukan.

Emang sih persoalan sampah plastik di kawasan wisata agak berbeda dengan Pulau Henderson. Karena kalau diamati nih, sebetulnya sampah-sampah yang ada di kawasan wisata pantai Indonesia itu datangnya dari para warga dan juga wisatawan yang datang.

Sedangkan kalau di Pulau Henderson, sampah itu datang sendiri karena terbawa arus laut. Tapi sumber sampahnya sih sama, dari manusia!

Imbas dari makin banyaknya sampah, bukan cuma berpengaruh ke ekosistem di laut tapi juga menurunnya daya tarik wisata

Banyaknya spesies laut yang mati dan juga kerusakan terumbu karang mayoritas disebabkan oleh sampah plastik. Efeknya tentu ke menurunnya cadangan makanan untuk manusia, karena ekosistem laut rusak. Kalau udah begini, manusia juga kan yang kena imbasnya?

Belum lagi, dengan makin banyaknya sampah di laut dan pantai akan membuat daya tarik wisata menurun. Coba deh bayangin, Kamu mau nggak liburan ke kawasan pantai yang kumuh dan kotor? Pasti nggak mau kan?

Turunnya minat wisatawan nantinya juga bakal ngaruh ke perekonomian masayarakatnya. Kamu sebagai orang yang butuh tempat buat liburan pun bakal bingung, harus pergi kemana biar bisa menikmati keindahan pantai Indonesia.

Jadi sampah ini sebetulnya punya imbas dan efek yang kompleks. Meskipun hakekatnya semua sampah itu berasal dari manusia, dan imbasnya juga balik lagi ke manusia sih!

Lebih parahnya, bisa jadi semua pantai di dunia bakal berubah kayak Pulau Henderson!

Bukan nggak mungkin hal kayak gini terjadi. Selama kita masih suka buang sampah di laut, pelan-pelan hal ini juga bakal terjadi kok. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan sebuah fakta mencengangkan. Bahka kita, manusia, bisa menyumbang sampah sebanyak 10 miliar pon ke laut setiap tahunnya! Ngeri banget kan?

Makanya nih gais dimulai dari diri kita sendiri, mulai sekarang jangan lagi buang-buang sampah di pantai atau di laut. Kalau kebetulan lagi jalan-jalan di pantai dan mau buang sampah tapi nggak ada tempat sampah, ya udah dikantongin aja dulu. Paling nggak nih, kita bisa ikut sedikit mengurangi sumbangan sampah di laut.

Kan kalau misalnya nih semua orang ngelakuin hal yang sama, pasti bakal punya pengaruh besar tuh! Ingat, hal besar itu selalu dimulai dari hal kecil kan?

***

Meski kelihatan sepele, sampah ternyata punya imbas yang sangat besar. Jadi alangkah baiknya kalau kita juga ikut aktif peduli terhadap persoalan sampah ini. Nggak usah jauh-jauh deh, dimulai dari diri sendiri, orang terdekat dan lingkungan sekitar dulu. Paling nggak kita bisa ikut membantu supaya nggak ada lagi Pulau-pulau Henderson lainnya. Dan harapannya sih laut Indonesia dan destinasi wisata lainnya juga makin bersih dari sampah!

Advertisements