Updatenetizen – Kapal militer Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) bertabrakan dengan kapal niaga berbendera Filipina. Insiden ini terjadi di perairan dekat Yokosuka, Jepang.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Sabtu (17/6/2017), Angkatan Laut AS atau US Navy menyebut USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal niaga di perairan berjarak 56 mil laut atau 103 kilometer sebelah barat daya Yokosuka.

Insiden ini terjadi pada Sabtu (17/6) dini hari, sekitar pukul 02.30 waktu setempat. US Navy menyebut, insiden semacam ini tergolong langka terjadi di perairan yang sibuk tersebut.

“USS Fitzgerald mengalami kerusakan pada bagian starboard (sisi kanan kapal) baik di atas maupun di bawah garis air,” terang US Navy dalam pernyataannya.

Belum diketahui pasti jumlah korban luka akibat insiden ini. Namun US Navy menyebut satu personelnya yang mengalami luka-luka akan dievakuasi dengan helikopter milik patroli pantai Jepang.

Besar kerusakan akibat insiden ini masih diperiksa. USS Fitzgerald saat ini dilaporkan masih bisa berlayar dengan tenaganya sendiri. “Meskipun tenaga pendorongnya terbatas,” sebut US Navy dalam pernyataannya.

Patroli pantai Jepang menambahkan, USS Fitzgerald sempat mengalami ‘flooding’ kecil, namun tidak terancam karam usai insiden ini terjadi.

Sementara itu, kapal niaga berbendera Filipina yang bertabrakan dengan USS Fitzgerald dilaporkan juga mampu melanjutkan pelayaran dengan tenaganya sendiri. Kapal niaga bernama ACX Crystal yang biasa membawa kontainer ini disebut ukurannya mencapai tiga kali lebih besar dari USS Fitzgerald. Penyebab tabrakan ini belum diketahui pasti.

Advertisements